Tips PjBL : 5 Langkah Awal Mengelola Sosial Media Client

Sosial media merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan setiap bisnis. Melalui sosial media, calon konsumen akan mendapat informasi produk dan serta merk yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, sosial media harus dikelola dengan baik dan benar agar menghasilkan dampak yang besar bagi brand awareness hingga penjualan produk. Nah, apa sih yang harus dilakukan dalam mengelola sosial media?

1. Buat Akun Kreator atau Bisnis

Hampir setiap platform sosial media yang banyak digunakan saat ini seperti Tiktok & Instagram memiliki mode ini. Hal ini penting karena Akun Kreator atau Bisnis memiliki banyak kelebihan, salah satunya yaitu data analytics yang mendalam. Melalui data analytics ini, kamu dapat melihat konten mana yang banyak diminati maupun karakteristik followers.

2. Tentukan Niche Konten

Niche sendiri adalah tema atau topik yang dibahas khusus sesuai dengan produk client. Sebagai contoh, jika client menjual minuman dan es krim, kamu harus membuat konten yang selalu ada kaitannya dengan produk tersebut. Hal ini penting agar isi sosial mediamu susai dengan ekspektasi calon konsumen.

3. Buat Rencana Konten

Rencana konten dapat memudahkanmu dalam membuat konten serta menjaga konsistensi upload kedepannya. Kamu hanya perlu menggunakan software seperti Microsoft Excel untuk membuat rencana kontenmu. Ada baiknya kamu langsung membuat rencana konten hingga 1 bulan kedepan atau lebih.

4. Mulai Membuat Konten

Pada langkah ini, kamu hanya perlu mengikuti rencana konten yang sudah kamu buat. Usahakan mengejar jumlah dulu diawal agar kamu menjadi lebih konsisten dalam membuat konten. Jangan pernah berfikir untuk membuat konten yang sempurna dan langsung banyak disukai. Lakukan perbaikan sedikit demi sedikit!

5. Upload!

Jika sudah sampai pada tahap terakhir ini, kamu perlu menggunakan website ataupun software yang dapat membantu menjadwalkan upload kontenmu. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya lupa upload konten, dan dapat memberikan mu waktu luang kedepannya.

Nah itulah 5 langkah awal yang harus kamu lakukan dalam mengelol sosial media pribadi, bisnis hingga klienmu. Jika kamu ada pertanyaan, yuk tanyakan di kolom komentar ya Sobat BIMA!

Penulis : Arief Fraba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *