Apa sih Bedanya Politeknik dengan Universitas?

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang tak bisa lepas dari kehidupan kita. Setiap orang harus terus belajar mulai dari lahir bahkan hingga tua nanti. Dimana hal tersebut akan membuat hidup kita menjadi jauh lebih baik lagi di masa depan.

Oleh karena itu, lulusnya kamu dari SMA ataupun SMK, bukan berarti proses pendidikanmu selesai begitu saja. Kamu masih bisa melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan, dengan tujuan mengembangkan diri dan mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik.

Nah, untuk kamu yang sudah memutuskan untuk lanjut kuliah, pasti sering kan mendengar istilah Universitas dan Politeknik? Dua pilihan ini, seringkali membuat bingung para pelajar yang sedang mempersiapkan masa depannya seperti kamu.

Sebelum kamu putuskan tujuanmu, ada baiknya kamu pahami dulu nih apa sih bedanya Politeknik dengan Universitas? Yuk dibaca dengan baik, agar kamu tidak salah langkah dan dapat memilih pendidikan yang cocok untukmu. Berikut rangkuman perbedaannya:

 

Ilustrasi perkuliahan Politeknik (Dok. Poltek BIMA)

POLITEKNIK

  • Politeknik merupakan lembaga pendidikan yang diarahkan pada keahlian tertentu dengan tujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki berbagai keterampilan dan #SiapKerja
  • Jenjang Studi : Vokasi
  • Jurusan : Terdiri dari berbagai program studi (Contoh : Akuntansi, Desain Media, Manajemen Pemasaran Internasional, dll)
  • Materi Kuliah : 60% Praktik, 40% Teori
  • Gelar : Ahli Madya (A. Md), Sarjana Terapan (S. Tr)

 

Ilustrasi perkuliahan Universitas (Dok. Poltek BIMA)

UNIVERSITAS

  • Universitas merupakan penyelenggara pendidikan dengan berbagai rumpun ilmu dan lebih banyak mempelajari teori diabandingkan dengan praktik lapangan.
  • Jenjang Studi : Vokasi dan Sarjana
  • Jurusan : Terdiri dari fakultas dengan berbagai disiplin ilmu (Contoh: Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakulitas Teknik, Fakultas Ekonomi, dll)
  • Materi Kuliah : 60% Teori, 40% Praktik
  • Gelar : Ahli Madya (A.Md), Sarjana Terapan (S.Tr), Sarjana, Magister, Profesor

 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan beberapa perbedaan antara Politeknik dengan Universitas? Perbedaan terbesarnya ada di materi perkuliahan saja, yang mana Politeknik lebih mengedepankan porsi praktik lapangan, dibanding teori. Sehingga lulusannya memiliki berbagai keterampilan untuk siap kerja, sementara Universitas lebih fokus pada pembelajaran teori.

Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu untuk dapat menentukan pilihan kuliah kamu, ya! Yuk bagikan di kolom komentar apa pilihanmu saat ini, siapa tau bisa dapat partner untuk diskusi.

 

Penulis : Arief Fraba N.

Editor : Dinda Ayu W.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *