Ingin Kuliah Tapi Terkendala Biaya? 4 Cara Ini Solusinya!

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan mimpi bagi sebagian orang. Banyak lulusan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan yang memiliki ambisi tinggi untuk berkuliah hingga lulus di kampus impian mereka. Namun sayangnya, sebagian mimpi tersebut seringkali kandas akibat mahalnya biaya kuliah.

Kondisi tersebut memang terkadang jadi batu sandungan para pelajar untuk mengejar mimpinya. Namun ada loh cara agar kamu bisa keluar dari kondisi tersebut dan melanjutkan mimpimu untuk jadi mahasiswa. Kira-kira bagaimana sih caranya?

1. Beasiswa

Beasiswa seringkali menjadi penyelamat bagi calon mahasiswa yang memiliki kendala finansial dalam melanjutkan pendidikannya. Kamu hanya perlu mencari informasi mengenai beasiswa ini di kampus & jurusan yang akan menjadi tujuanmu. Tentunya kamu harus memiliki prestasi yang baik di sekolah untuk meningkatkan kesempatanmu untuk mendapatkan beasiswa. Jadi, yuk persiapkan dirimu mulai sekarang!

2. Kuliah Sambil Kerja

“No Pain, No Gain” merupakan kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan cara ini. Bekerja saja biasanya sudah menyita waktu dan tenaga, apalagi ditambah kamu harus mengikuti perkuliahan di waktu luangmu. Cara ini juga terbilang efektif, kamu bisa menyisihkan gajimu untuk membayar biaya kuliah tanpa membebani orangtua. Namun hasilnya akan sangat luarbiasa ketika nantinya kamu sudah lulus dari perkuliahan. Kamu sudah siap dengan pendidikan sekaligus pengalaman kerja. Dijamin karirmu akan lebih cepat melesat.

3. Backup Plan Kampus & Jurusan

Jika kampus dan jurusan tujuanmu memiliki biaya yang mahal, tidak ada salahnya loh untuk mencari kampus alternatif yang memiliki biaya lebih terjangkau. Selain itu kamu juga bisa mencari kampus yang memiliki sistem pembayaran cicilan untuk biaya pendidikannya. Oiya, jangan sampai mengorbankan kualitas ya! Banyak kok kampus yang terjangkau dengan kualitas yang juga baik.

4. Daftar Lebih Cepat

Kamu pasti sering mendengar adanya berbagai gelombang pendaftaran kampus. Nah hampir sebagian besar kampus menerapkan hal ini loh. Apa sih maksudnya? Biasanya, gelombang 1 itu merupakan waktu awal pendaftaran kampus dibuka dengan biaya yang jauh lebih murah. Kekurangannya adalah, kamu harus menunggu cukup lama untuk memulai perkuliahan. Tapi tidak ada salahnya jika waktu luang tersebut kamu gunakan untuk belajar dan cari penghasilan!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu sedang terkendala biaya namun sangat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kamu ingin melakukan cara itu tapi masih bingung kemana?

Nah, Poltek BIMA jawabannya! Disini kamu bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas, waktu yang fleksibel (bisa kuliah sambil kerja), dan tentu saja biaya yang lebih terjangkau (sistem cicilan per-bulan). Untuk info lebih lanjut kamu bisa kunjungi Instagram @poltekbima atau hubungi Official WhatsApp di 08111311321.

Penulis : Arief Fraba

2 thoughts on “Ingin Kuliah Tapi Terkendala Biaya? 4 Cara Ini Solusinya!

  1. Aguslina Bu'ulolo says:

    Sudah lama saya menginginkan utk melanjutkan kuliah tapi di halangin dgn biaya yang tidak mampu

    • admin says:

      Silahkan follow Instagram @poltekbima kak, disana akan ada info mengenai biaya kuliah yang terjangkau mulai dari 150rb/bulan saja loh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *