Manajemen Pemasaran Internasional

MPI

Program studi Manajemen Pemasaran Intenasional merupakan program studi yang mempersiapkan lulusannya untuk pemenuhan kebutuhan tenaga pemasaran yang profesional berskala multinasional dan memiliki peluang berkarir di bidang industri manufaktur, perdagangan, jasa keuangan, pariwisata dan industri jasa lainnya. Untuk mempersiapkan tantangan diatas, program ini membekali mahasiswa dengan keterampilan bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin serta pengetahuan dan praktik pemasaran : Digital Marketing, Public Speaking, Marketing Plan, Integrated Marketing Communiction, Manajemen Pemasaran Internasional, Export – Import, Standar Branding Management, Komunikasi Bisnis dan Korporasi, Periklanan, e-commers dan big data.

VISI

Menjadi program studi vokasi dengan lulusan Sarjana Terapan dalam bidang manajemen pemasaran internasional yang profesional, inovatif, berintegritas, berwawasan global, dapat mengaplikasikan konsep – konsep pemasaran interansional dalam dunia usaha dan berorientasi pada marketing digital.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan kurikulum yang mengacu standar nasional perguruan tinggi , berorientasi pada marketing digital dan dapat bersaing secara nasional dan internasional

  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu terapan pada bidang manajemen pemasaran internasional yang dapat diaplikasikan oleh civitas akademik, pemerintah, industri, UMKM dan masyarakat

  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bermanfaat dengan mengadaptasi hasil – hasil penelitian bidang manajemen pemasaran internasional

  4. Memberikan pelayanan yang berkualitas dengan menyelenggarakan tata pamong yang efektif dan efisien serta membangun kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri dalam mengembangkan manajemen pemasaran internasional secara berkesinambungan

CAPAIAN PEMBELAJARAN (KOMPETENSI LULUSAN)

1. SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

  2. Taat dan disiplin serta dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan Pancasila

  3. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta perduli terhadap masyarakat dan lingkungan serta mengembangkan nilai, norma dan etika akademik, semangat kejuangan, kemandirian dan kewirausahaan

  4. Berperan sebagai warga negara yang cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, pendapat atau temuan orisinal orang lain

  5. Mampu beradaptasi di dunia kerja pada tingkat nasional ataupun internasional dan menunjukkan sikap bertanggaung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri

2. PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep dan teknik penyusunan rencana strategi pemasaran dan menjabarkannya dalam kegiatan operasional pemasaran

  2. Menguasai konsep dan teori penelitian untuk pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran

  3. Memahami implementasi teori dan prinsip – prinsip pemasaran secara konvensional, kewirausahaan dan pemasaran digital

3. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu mengkaji, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menggunakan cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan dan desain yang logis, kritis dan sistematis sesuai dengan bidang keahlianb. Menguasai konsep teroritis dalam bidang manajemen pemasaran dan bisnis serta perancangan kegiatan pemasaran produk dan jasa untuk skala nasional dan internasional

  2. Mampu mengambil keputusan secara tepat untuk menyelesaikan masalah dibidang pemasaran berdasarkan hasil analisa data dan informasi dari hasil riset pasar, riset operasi bisnis dengan menggunakan prinsip – prinsip ilmu pemasaran

  3. Mampu menunjukkan kinerja yang mandiri, terukur dan akurat serta bertanggung jawab atas hasil kerja yang telah dicapai dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan menghindari plagiasi

  5. Mampu mempresentasikan dan mengemukakan ide dan gagasan secara profesional baik lisan ataupun tulisan kepada pemangku kepentingan

4. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mampu menyusun perencanaan pemasaran internasional dan merancang sistem informasi manajemen pemasaran

  2. Mampu menentukan segmentasi pasar dan pangsa pasar internasional

  3. Mampu menganalisa persaingan global dan dampak regulasi pemerintah terhadap pasar internasional

  4. Mampu menentukan strategi branding internasional dan bauran promosi yang sesuai

  5. Mampu merancang media elektronik serta media digital yang paling tepat sesuai dengan anggaran untuk mencapai sasaran pemasaran

  6. Mampu menjalankan, memonitor dan mengevaluasi penggunaan pemasaran digital secara akurat

 

Profil Lulusan

  1. Staf Eksekutif Pemasaran

  2. Analis Pemasaran

  3. Staf Export – Import

  4. Account Refresentatif

  5. Customer Service

  6. Marketing Komunikasi (Branding Produk)

  7. Entrepreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published.