Tips PjBL : 4 Langkah Menentukan Besaran Diskon Produk Client

Menentukan Diskon produk merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan, hingga mendapatkan repeat order dari konsumen.

Namun menentukan diskon bukanlah pekerjaan mudah, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan juga diperhitungkan agar bisnis tidak mengalami kerugian.

Berikut merupakan 4 langkah dalam menentukan diskon produk:

1. Hitung Seluruh Biaya Produksi

Jika clientmu merupakan produsen yang memproduksi produk sendiri, kamu harus menghitung seluruh biayanya. Mulai dari bahan baku, biaya pemasaran, biaya air & listrik, gaji karyawan, transportasi, dan seluruh pengeluaran lainnya.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa modal yang dikeluarkan dalam menjual produk. Jangan sampai ada yang terlewat!

2. Hitung Harga Dasar Produk

Setelah selesai menghitung seluruh biaya produksi, selanjutnya kamu perlu menghitung harga dasar produk. Sebagai contoh, dalam sekali produksi client bisa menghasilkan 250 produk dengan biaya produksi sebesar Rp. 2.500.000.

Kamu tinggal membagi biaya produksi dengan jumlah produk yang dihasilkan. Harga Dasar Produk = 2.500.000 / 250 = Rp. 10.000. Jadi harga dasar produk clientmu yaitu Rp. 10.000.

3. Tentukan Margin Keuntungan

Selanjutnya, kamu bisa menetukan berapa selisih keuntungan yang kamu harapkan pada produk clientmu.

Namun kamu tidak bisa menentukan profit hanya berdasarkan keinginan saja loh. Kamu harus melakukan riset harga pada produk yang serupa (pesaing), agar harga yang kamu tentukan dapat bersaing di pasaran.

4. Tentukan Diskon

Jika sudah sampai pada tahap ini, kamu sudah mendapatkan harga jual terbaik dari produk clientmu.

Berdasarkan harga jual inilah, kamu bisa menentukan seberapa besar potongan harga yang akan kamu berikan kepada konsumen.

Usahakan diskon ini hanya memotong profit atau keuntunganmu saja & jangan sampai memotong harga dasar agar produksi dapat terus berjalan.

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menentukan besaran diskon yang tepat untuk clientmu agar tidak mengalami kerugian.

Penulis : Arief Fraba

One thought on “Tips PjBL : 4 Langkah Menentukan Besaran Diskon Produk Client

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *