Poltek BIMA dan Kemenhan RI Gelar Webinar Nasional Bela Negara, Yuk Lawan Hoax Di Media Sosial

Cikarang – Semakin berkembangnya era digital terutama penggunaan Media Sosial, menyebabkan penyebaran berita hoax semakin tidak terkendali. Untuk itu generasi muda yang saat ini gandrung di Media Sosial harus berperan aktif dalam melawan hoax yang beredar. Berperan aktif di Media Sosial ini merupakan salah satu bentuk Bela Negara dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan narasi tersebut, Politeknik Bina Madani (Poltek BIMA) bersama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menyelenggarakan Webinar Nasional Bela Negara: Yuk Jadi Superhero Digital Melawan Hoax Di Media Sosial.

Tidak hanya membahas mengenai Hoax, webinar kali ini juga diselenggarakan demi meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bela negara terutama Gen z sebagai salah satu pengguna sosial media terbesar saat ini.

Webinar Nasional kali ini diisi oleh dua Narasumber luarbiasa yang sudah malang melintang di dunia Media Sosial, yaitu Alexandro Putra Abelino (CMO anaksekarang.com) serta Alisodik (Content Creator & Marcomm Manager Poltek BIMA).

Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu (13 Agustus 2022) ini dibuka oleh Leni Sugiyanti, S.E., M.M. sebagai MC, diikuti opening speech dari Direktur Poltek BIMA, Dr. Dendi Pratama, M.M, M.Ds. & Direktur Bela Negara Kemenhan RI, Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto, S.Sos., M.M. serta dipandu oleh Azhari Amri, S.Sn., M.Ds. sebagai moderator acara.

“Jangan bikin kacau, hoax mestinya gak diomongin bahkan sisi negatifnya itu sendiri. Karena apa? Karena bad publication also a publication.” Ujar Abelino.

Abel menjelaskan bahwa hoax tidak perlu dibahas sama sekali dan biarkan hal tersebut hilang dengan sendirinya. Selain itu, ia menjelaskan hanya dengan tidak menyebarluaskan hoax, itu juga sudah menjadi salah satu bentuk dari bela negara.

Sementara Alisodik membahas mengenai produktivitas dalam membuat konten positif sebagai upaya untuk menekan Hoax dan konten negatif. Dengan produktif membuat konten, Gen Z juga bisa memperoleh penghasilan tambahan.

“Jaman sekarang main Medsos udah bisa menghasilkan cuan, dari paid promote, endorse, afiliasi dll. Caranya ya Bikin Niche yang khusus dan aktif upload konten, Niche atau tema konten apapun bisa kok dijadikan media untuk lu Bela Negara. Bayangkan, udah mah bela negara, jadi pahlawan digital karena menangkal hoax, dapat cuan pula”.

Tema pembahasan kali ini mengundang perhatian ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, dosen, guru, Direktur politeknik, kalangan pemerintahan, dan praktisi dari berbagai daerah, seperti Aceh, Palembang, Bengkulu, Riau, Samarinda, Kotabaru, Makassar, Bali, Jakarta, Banten, Jawa Tengah dan tentu saja dari bekasi.

Diharapkan melalui peserta yang hadir, sedikit demi sedikit tercipta budaya bela negara melalui media sosial dimulai dari melawan hoax yang ada saat ini.

 

Penulis : Arief F.

Editor : Dinda A.

Leave a Reply

Your email address will not be published.