5 Bekal Utama Menjadi Content Creator Sukses

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, dunia diwajibkan memulai kebiasaan baru yakni segala sesuatu menggunakan media digital. Baik pertemuan, pembelajaran, hingga berbelanja. Oleh karena itu, masyarakat di dunia dituntut untuk menjadi multitalenta dan lebih kreatif. Terlebih banyak sekali perusahaan yang menjadi bangkrut dan membuat pengangguran dimana-mana.

Banyak sekali peralihan profesi semenjak pandemi covid, diantaranya menjadi banyak yang menyukai masak sendiri di rumah demi menjaga terjaminnya kesehatan asupan, ada yang memiliki hobi baru berkebun, dan meningkatnya pertumbuhan UMKM.

Tidak hanya itu, banyak juga diantara mereka yang pintar memanfaatkan peluang untuk menjadi seorang content creator. Pekerjaan sambilan ini bisa dibilang susah-susah gampang loh, Sobim! Karena tidak semua orang mampu konsisten, tapi siapa pun bisa menjadi seorang content creator yang sukses, hanya dengan 5 bekal utama ini loh. Apa saja ya?

  1. Foto dan video

Keahlian dasar seorang content creator yang wajib dimiliki yaitu fotografi dan videografi. Meski terdengar lumayan rumit, ternyata ilmu fotografi dan videografi sangatlah mudah dan bisa dipelajari secara otodidak.

  1. Editing

Tahap selanjutnya yaitu editing, karena sebuah foto dan video tidak akan lengkap jika tidak di-finishing dengan proses editing. Banyak sekali aplikasi yang saat ini sudah memudahkan proses mengedit, baik foto maupun video. Tidak hanya mengedit menjadi hasil yang lebih baik, tapi juga banyak sekali aplikasi desain melalui smartphone yang sudah sangat canggih.

  1. Percaya diri

Memulai suatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya tidaklah mudah. Kritik, saran, hingga cibiran tak mungkin terhindari. Namun, jika ingin berhasil terus lakukanlah apapun yang kalian terima. Percaya diri menjadi kunci utamanya. Buang yang negatif, ambil yang positif.

  1. Kreatif dan inovatif

Bekal lainnya yang tak kalah penting yaitu kreatif dan inovatif. Semakin besar karir kita, tentu orang-orang menginginkan sesuatu yang berbeda dari diri kita dengan yang lainnya. Hal ini juga yang bisa membuat orang tertarik dengan konten-konten yang kita miliki.

  1. Manajemen waktu yang baik dan Konsisten

Terakhir, manajemen waktu yang baik dan konsitensi membuat konten menjadi penutup serta kunci sukses seorang content creator. Mengapa demikian? Bagi seseorang yang tidak memiliki pekerjaan lain, hanya menekuni kegiatan ini mungkin saja dengan mudah bisa konsisten. Namun, jika seorang content creator memiliki pekerjaan utama lainnya maka disarankan harus memiliki timeline yang baik. Sehingga, apa yang sudah diusahakan sebelumnya tidak sia-sia.

Tidak sulit namun mudah dilakukan, asal konsistensinya dijaga dan tidak mudah menyerah. Lalu, bagaimana yang ingin memiliki skill dasar foto, video, dan editing?

Nah, Poltek BIMA membuka workshop GRATIS bagi siapa pun dengan Tema “Jadi Jagoan Desain pakai Hape”. Tidak hanya itu, adapun 3 tema #LebihKeren lainnya. Berikut jadwal pelaksanaannya:

 

Jumat Minggu Pertama & Ketiga setiap bulannya :

– Persiapan Kerja (CV & Wawancara) : Jam 13:00-14:00

– Fotografi Produk : Jam 14:30 – 16:00

 

Jumat Minggu Kedua & Keempat setiap bulannya :

– Persiapan Menjadi Konten Kreator Youtube & IG : Jam 13:00 – 14:00

– Jadi Jagoan Desain pakai Hape : Jam 14:30 – 16:00

 

Penulis : Dinda Ayu W.

Editor : Arief Fraba N.

Leave a Reply

Your email address will not be published.